Peran Pendidikan Terhadap Perubahan Kebudayaan


Pendidikan amatlah penting dalam berubahnya kebudayaan. Pendidikan sekaligus adalah sebuah  subsistem bagi kebudayaan dan sistem tersendiri yang berada di luarnya, yang menunjang pembentukan, pengembangan, dan pelestarian kebudayaan. Sebagai sebuah subsistem, pendidikan adalah bagian terpenting dari kebudayaan, berfungsi sebagai pengarah kebudayaan dan sekaligus mekanisme pewarisan nilai-nilai budaya sesuatu masyarakat dari satu ke lain generasi. Sebaliknya, sebagai sebuah sistem tersendiri ia ditunjang oleh kebudayaan untuk membantu perkembangan hidup manusia, baik  perorangan  maupun  kelompok.

Pendidikan dan kebudayaan saling berpengaruh. Hal tersebut dapat terlihat pada  pendidikan, baik formal maupun nonformal, adalah sarana untuk pewarisan kebudayaan. Setiap masyarakat mewariskan kebudayaannya kepada generasi yang lebih kemudian agar tradisi kebudayaannya tetap hidup dan berkembang, melalui pendidikan.

Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi. Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.
Peran Pendidikan Terhadap Perubahan Kebudayaan Peran Pendidikan Terhadap Perubahan Kebudayaan Reviewed by Admin on 22.2.13 Rating: 5

No comments:

silahkan diberi komentar

Powered by Blogger.