Pembangunan Menurut Antropologi

Pembangunan merupakan proses pengembangan manusia baik secara material maupun spiritual. Pembangunan mamiliki hubungan erat terhadap penduduk yang dianggap sebagai titik sentral (obyek sekaliigus subyek) proses pembangunan. Pembangunan berwawasan kependudukan penting dilakukan karena pembangunan ini berfokus terhadap SDM, dan tidak berpusat pada pembangunan infrastruktur saja.
Orientasi pembangunan ekonomi Indonesia selama ini masih berpusat pada adanya pertumbuhan, yang pada akhirnya malah justru memperparah ketimpangan wilayah khususnya antara desa dengan kota.
Sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam proses pembangunan. Sehingga baik atau tidaknya perencanaan dan pengeolaan pembangunan tergantung pada kualitas manusia sebagai obyek dan subyek adanya proses pembangunan.

Pembangunan Menurut Antropologi Pembangunan Menurut Antropologi Reviewed by Admin on 27.6.11 Rating: 5

1 comment:

  1. masih terlalu umum kalau dikatakan SDM... alangkah baik dan dapat diterima dan menjadi hal menarik bagi setiap orang jika fokus Antropologi pembangunan kepada SDM (Sumber Daya Manusia).. SDM itu apa... dan apa saja yg harus di fokuskan dalam SDM itu...!

    ReplyDelete

silahkan diberi komentar

Powered by Blogger.