Stasiun Kereta Banjarnegara Jawa Tengah

Stasiun Banjarnegara merupakan stasiun kereta api mati yang terletak di Banjarnegara Jawa Tengah. Stasiun ini dibangun pada tahun 1917. Sejak ditutupnya jalur Purwokerto-Wonosobo pada tahun 1970, praktis semua stasiun di jalur ini dimatikan termasuk stasiun ini.

Dulu saat masih aktif stasiun ini adalah stasiun besar. Stasiun ini dulu mempunyai sekitar 4 hingga 5 jalur kereta api. Stasiun ini dulu merupakan stasiun kelas I, sama seperti Stasiun Wonosobo. Di sini ada sebuah gerbong ketel. Gerbong ini sudah sangat tua, dari tahun 1913. Gerbong ini adalah peninggalan Belanda. (Wikipedia)

Beberapa hari yang lalu saya mencoba melihat secara langsung apa yang pernah diceritakan orang-orang bahwa Banjarnegara dahulu dilalui kereta. Nampaknya memang benar, namun sedikit meninggalkan sedikit kesedihan. Hanya tersisa gerbong ketel yang penuh dengan corat-caret.

Semoga saja nanti ataupun entah kapan tempat ini akan diperhatikan oleh pemerintah Banjarnegara. Bisa saja dijadikan monumen "Gerbong Ketel". Agar anak cucu kita juga tau bahwa Banjarnegara dulunya pernah ada sejarah menjadi jalur kereta Purwokerto-Wonosobo.

Foto: Pratama Widodo





Stasiun Kereta Banjarnegara Jawa Tengah Stasiun Kereta Banjarnegara Jawa Tengah Reviewed by Admin on 30.12.16 Rating: 5

No comments:

silahkan diberi komentar

Powered by Blogger.